Info tentang kesehatan dan kecantikan

Admin larangan membersihkan telinga yang benar Jumat, 26 April 2013 Anjuran dan Larangan dalam Membersihkan Telinga yang Benar Posted on 24 Jan 2013 at 4:53pm photo by jonraasch Telinga merupakan salah sat... 5

larangan membersihkan telinga yang benar

0

Anjuran dan Larangan dalam Membersihkan Telinga yang Benar

Posted on 24 Jan 2013 at 4:53pm

photo by jonraasch
photo by jonraasch
Telinga merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Telinga berfungsi sebagai organ atau indera pendengaran yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Letak telinga khususnya daun telinga yang berada diluar tubuh manusia menyebabkan telinga mudah sekali kotor. Kotoran yang ada di telinga baik yang menempel pada daun telinga maupun yang berada di lubang telinga memang sebaiknya dibersihkan secara rutin. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara yang tepat membersihkan telinga dan apa saja yang tidak boleh dilakukan selama membersihkan telinga. Mau tahu informasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Anjuran Membersihkan Telinga yang Benar

Telinga terdiri dari daun telinga, lubang telinga, gendang telinga, dan bagian-bagian lain di dalam telinga. Kotoran yang ada di telinga terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah kotoran yang ada di daun telinga. Umumnya, kotoran yang menepel di daun telinga baik daun telinga bagian luar maupun bagian dalam yang berlekuk-lekuk disebabkan oleh lingkungan. Debu, kulit mati, dan sisa sabun atau kosmetiklah yang menyebabkan daun telinga kotor. Sedangkan kotoran yang ada di lubang telinga sendiri berasal dari dalam telinga. Kotoran tersebut berasal dari cairan yang diproduksi oleh telinga bagian dalam untuk membersihkan kotoran yang masuk dari luar telinga. Cara membersihkan telinga yang benar untuk area telinga luar ada 2 cara. Yang pertama adalah dengan cara menggosoknya saat mandi. Menggosok kulit di area telinga luar dengan lembut dapat membersihkan kotoran yang menempel pada daun telinga. Cara yang kedua adalah dengan mengelap daun telinga dengan tisu atau kain yang basah. Sedangkan untuk membersihkan telinga bagian dalam atau lubang telinga, Anda harus lebih berhati-hati. Salah-salah Anda justru dapat merusak atau melukai indera pendengaran Anda sendiri. Cara aman menjaga kebersihan telinga bagian dalam adalah dengan menggunakan cotton bud yang lembut. Selain dengan cotton bud yang lembut, Anda juga wajib memperhatikan gerakannya. Gerakan keluar tanpa mengorek lubang telinga sangat dianjurkan. Cukup gerakkan cotton bud dengan lembut tanpa mengorekkannya pada lubang telinga. Jika Anda biasa menggunakan lilin terapi untuk telinga, Anda wajib mematuhi aturan pemakaian agar telinga Anda tidak mengalami kerusakan. Membersihkan telinga sebaiknya jangan terlalu sering.

Larangan dalam Membersihkan Telinga

Selain mengikuti anjuran dalam membersihkan telinga, Anda juga patut mengetahui larangan apa saja yang tidak boleh dilakukan selama Anda membersihkan telinga. Menurut dokter THT, telinga sejatinya memiliki kemampuan sendiri untuk membersihkan kotoran yang masuk ke telinga. Cairan lengket berwarna kecoklatan yang sering menempel di dalam lubang telinga adalah hasil dari pembersihan diri yang dilakukan telinga. Selama cairan tersebut tidak mengganggu pendengaran, sebaiknya tidak perlu sering-sering dibersihkan. Selain itu, masih ada beberapa larangan penting lainnya. Pertama, jangan membersihkan telinga dengan benda keras apalagi dengan cara mengorek isi lubang telinga. Membersihkan telinga dengan benda keras justru akan melukai telinga bagian dalam. Kedua, jangan terlalu dalam membenamkan alat pembersih telinga. Membersihkan telinga bagian dalam tidak perlu terlalu kedalam apalagi sampai menyentuh organ yang berada di bagian dalam telinga. Indikasi bahwa alat pembersih telinga telah menyentuh organ dalam telinga Anda adalah Anda merasa nyeri lalu kemudian terbatuk-batuk. Ketiga, jangan membersihkan telinga bagian dalam dengan kuku atau jari kelingking. Kebiasaan ini justru akan membuat telinga menjadi infeksi.
Membersihkan telinga yang baik dan benar adalah dengan cara mengunjungi dokter THT. Dengan begitu, dokter THT akan menyediakan alat khusus untuk membersihkan sekaligus memeriksa kondisi telinga Anda. Menjaga kebersihan telinga dengan rajin mandi dan tidak terlalu sering menggunakan earphone yang mungkin kotor karena debu adalah cara yang wajib dilakukan.

Info Lainnya Tentang

Facebook's Comments
0 Blogger's Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © Sehat dan Cantik